Panduan Untuk Orang Tua: Cara Memulai Diskusi Tentang Instagram Dengan Anak Remaja


Penulis: Instagram didukung oleh Kemenpppa RI & ParentTalk

Diterbitkan oleh :
Instagram

Jika Anda membaca Panduan Orang Tua ini, kemungkinan besar Anda adalah orang tua. Lewat sejumlah penelitian, Instagram memahami bahwa ada banyak orang tua yang khawatir dengan keamanan anak mereka di dunia maya. Tantangan ini juga dialami oleh kami, para orang tua yang bekerja di Instagram. Menjadi orang tua tentunya merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kita. Tetapi di sisi lain, kita memiliki tanggung jawab dan tantangan tersendiri sebagai orang tua. Apalagi anak-anak kita termasuk generasi pertama yang hidupnya sangat bergantung pada teknologi. Bagi mereka, dunia maya sama pentingnya dengan kehidupan nyata.

Instagram mengerti kesulitan yang sering dialami orang tua saat mencoba mencari tahu apa yang dilakukan anak remajanya di dunia maya dan alasan mengapa mereka suka menghabiskan banyak waktu dengan ponsel mereka. Sebagai orang tua, kita mungkin melihat bahwa berbagi foto dan video sudah menjadi kegiatan yang wajar bagi anak-anak remaja. Tapi sebenarnya, banyak juga di antara mereka yang benar-benar memikirkan konten yang akan mereka bagikan secara online. Kami juga paham bahwa orang tua seringkali mengalami dilema saat harus memulai pembicaraan dengan anaknya seputar dunia maya untuk memastikan mereka merasa aman saat melakukan aktivitas online. Namun di sisi lain, kita juga masih belajar tentang seluk beluk dunia maya. Topik tersebut memang bukan topik yang nyaman untuk dibicarakan dengan anak remaja kita.

Oleh karena itu, kami membuat panduan ini. Kami ingin membantu Anda lebih paham tentang alat-alat yang tersedia di dunia maya yang dapat menjadi informasi dasar untuk memulai topik ini dengan anak Anda. Kami harap panduan ini dapat membuat Anda dan anak Anda merasa lebih nyaman dalam mendiskusikan hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas online.

Kami sadar dengan tanggung jawab kami untuk memastikan Instagram menjadi komunitas yang mendukung para remaja untuk saling terhubung dan berbagi. Selain itu, kami juga ingin agar para orang tua memiliki informasi yang cukup untuk mengarahkan anak-anak mereka soal penggunaan Instagram yang bijak. Kami percaya bahwa langkah pertama yang dapat diambil oleh para orang tua adalah memahami alasan mengapa anak remaja menggunakan Instagram, dan alat apa saja yang tersedia untuk memastikan mereka memiliki pengalaman positif dan aman di Instagram.

Untuk informasi lebih lanjut, dan menonton video penjelasan mengenai alat keamanan yang tersedia di Instagram, Anda dapat mengunjungi parents.instagram.com.