Tips Singkat & Praktis di Dunia Siber II


Penulis: Team SiberDesk BSSN & Kontributor Majalah KoMiTe.iD - ABDi (Asos

Diterbitkan oleh :

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Jl. Harsono RM 70 Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550

Hak Cipta dilindungi Undang-Undang. Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa Ijin tertulis dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

T eknologi Informasi (TI) dan Internet (Siber) sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, dimulai dengan hadirnya PC di perkantoran, warnet, perumahan dan sekolah. Era PC kemudian digantikan Smartphone yang menjadi teman setia kita dimana saja dan kapan saja, termasuk ketika kita berpergian (mobile) tidak pernah ketinggalan, bahkan saat tidur. Jumlah pengguna mobile phone dunia mencapai 5,14 miliar dan pengguna Internet lebih dari 4 miliar (www.statista.com).

Sayangnya perkembangan dunia hitam Internet atau Darkweb malah lebih pesat dan buku ini memberikan peringatan dan tip-tip untuk berselancar di dunia siber dengan aman.

87 juta data akun masyarakat dunia di Facebook (FB), 1,1 juta akun dari Indonesia bocor (data breach) dan dimanfaatkan oleh Cambridge Analytica untuk tujuan manipulasi kampanye pemilu Amerika (AS) 2016. Banyak hatespeech, sindrome post truth beredar di FB yang menyebabkan polarisasi masyarakat oleh isu SARA, politik dan populisme? Bahkan Pemilu negara adidaya AS 2016 pun tidak luput dari serangan peretas, phishing, sosial engineering, ditenggarai oleh aktor negara, dari dinas intelijen Rusia yang menyadap email dan menyuntik malware untuk mencuri data dari database partai demokrat AS, sehingga mencemari hasil pemilu AS 2016.

Anak anak yang gemar posting di sosmed FB juga banyak menjadi korban phishing, bullying, social engineering oleh para predator memanfaatkan sosial media, email dan siber.

Dengan berbagai macam kasus dan modus serangan siber seperti contoh diatas, maka BSSN berinisiatif menyusun buku yang mudah dicerna, berisi tip dan informasi bagaimana berselancar di dunia siber dengan aman dan menghadapi banyaknya serangan siber dan kejahatan siber. Tidak semua modus dan kasus dapat ditulis di dalam buku ini.

Maksud