Edukasi

Yuk, Kenali Hoax Lewat Ciri-cirinya!

COVID-19 saat ini menjadi perbincangan utama di tengah masyarakat. Banyak berita beredar mengenai isu ini. Berita yang beredar saat ini cenderung menimbulkan keresahan dan kecemasan. Bahkan, beberapa berita adalah hoax yang disertai ajakan untuk mem-viralkan berita tersebut. Lalu, bagaimana kita dapat membedakan hoax dengan fakta? Yuk, kita kenali lebih lanjut tentang ciri-ciri hoax.

1. Sumber berita tidak dapat dipercaya

Pastikan KLiKSers mengenali sumber berita. Jika berita berasal dari suatu situs, maka cek informasi yang diberikan situs tersebut, pastikan situs tersebut memiliki informasi kontak yang lengkap dan jelas. Sebagai contoh, jika KliKSers ingin mengetahui informasi tentang COVID-19 di Indonesia dapat diakses pada situs www.covid19.go.id.

2. Judul berita yang tidak sesuai dengan isi

KLiKSers, jangan langsung mengasumsikan berita hanya dari judulnya saja, namun baca terlebih dahulu keseluruhan berita. Judul berita hoax biasanya menggunakan judul yang provokatif.

3. Alamat situs yang tidak dikenali

Biasanya berita hoax menggunakan alamat situs yang mirip dengan situs resminya. Pastikan alamat situs tersebut dan tidak ada keanehan pada situsnya karena ada ancaman lain yang mengincar dengan memanfaatkan situs yang mirip dengan alamat aslinya yaitu phising.

4. Tampilan berita kurang baik

Berita hoax biasanya dibuat dalam format yang tidak profesional, misalnya berita menggunakan huruf kapital dan terdapat banyak kesalahan penulisan kata. Contohnya, berita-berita yang kita terima pada platform instant messaging.

5. Mencantumkan gambar yang tidak sesuai/tidak dapat dipastikan kebenarannya

Biasanya suatu berita hoax tidak memiliki gambar/foto sendiri, melainkan menggunakan gambar/foto yang didapat dari sumber lainnya.

6. Tidak terdapat informasi mengenai penulis berita

Jika penulis berita tidak dapat diketahui maka berita tersebut patut untuk dicurigai. Jika berita tersebut mencantumkan nama penulis, lakukan pencarian informasi terlebih dahulu terhadap penulis akan kebenaran penulis tersebut menulis berita yang dimaksud.

Nah, sekarang KliKSers sudah tahu tentang ciri-ciri hoax kan? Karena sudah tahu, yuk, kita saring dulu berita atau informasi yang kita terima sebelum kita sebarluaskan.

Sumber:

1. Materi Narasumber KLiKS Kota Bandung Tahun 2019 oleh Ibu SY. Yuliani;

2. https://pdc.is/2018/01/24/8-ways-spot-fake-news;

3. https://www.factcheck.org/2016/11/how-to-spot-fake-news.



Artikel Sebelumnya