Edukasi

Waspada Guys, 5 Penipuan Ini Umum Dilakukan Melalui Media Ponsel

Penipuan bisa terjadi melalui media apapun, termasuk melalui perangkat ponselmu. Apalagi, pengguna internet sekarang lebih banyak mengakses dunia maya melalui ponsel dibanding desktop. Hal ini membuat para penjahat siber menggunakan kesempatan ini untuk melancarkan aksinya.

Nah, supaya kamu lebih waspada dan sebagai upaya pencegahan, berikut mimin jabarkan beberapa jenis penipuan yang umum dilancarkan melalui perangkat ponsel, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penipuan melalui pesan di email
Jenis penipuan ini sudah banyak menelan korban. Biasanya, kamu akan menerima email pengumuman yang memberitahukan bahwa kamu menjadi pemenang undian atau hadiah tertentu. Supaya hadiahnya bisa kamu ambil, kamu diwajibkan untuk mengisi data pribadi, mencakup nama, usia, tempat tanggal lahir, bahkan nomor rekening dan kartu kredit.

Data pribadi yang sudah kamu berikan akan digunakan oleh penjahat siber untuk membobol rekening atau kartu kredit kamu. Jadi, jika kamu tidak merasa mengikuti undian apapun, jangan pernah memberikan datamu sembarangan ya guys.

Aplikasi Palsu
Aplikasi palsu banyak bertebaran di Play Store. Biasanya, aplikasi ini berisi program jahat yang akan menyusup masuk dan mencuri data penting di dalam smartphone kamu. Yang beberapa waktu lalu terjadi adalah aplikasi WhatsApp Gold dan WhatsApp Plus, yang dianggap sebagai versi esklusif dari Whatsapp, padahal kedua aplikasi tersebut sama sekali palsu. Saat kamu mengunduhnya, smartphone kamu dipastikan akan terinveski virus malware.

Dukungan Teknis
Modus penipuan ini agak jadul karena masih menggunakan sambungan telepon atau SMS. Salah satu alasan paling kuat yang digunakan oleh penjahat ini adalah tentang ransomware. Biasanya, si pelaku akan mengatakan kalau smartphone kamu telah terinfeksi virus dan meminta kamu men-download antivirus dari situs palsu. Pada saat itu, si penipu akan mengambil data pribadi kamu.

WiFi publik yang diaktifkan di ponsel
Penjahat siber selalu mencari jalan masuk ke perangkat ponsel, terutama buat kamu yang menggunakan mata uang digital. Biasanya, akses masuk mereka adalah melalui Wifi publik yang kamu aktifkan di ponselmu.

Diketahui menggunakan Wifi publik tidak aman apalagi untuk melakukan transaksi online, seperti menggunakan mobile banking atau membuka sosial media. Penggunaan Wifi publik untuk melakukan transaksi pribadi, berisiko akun kamu dibobol atau data kamu dicuri oleh para penjahat siber.

Aplikasi penambang cryptocurrency palsu
Ada beberapa aplikasi yang berpura-pura menambang mata uang digital penggunanya. Padahal, aplikasi tersebut tidak melakukan apapun selain menunjukkan iklan. Mereka akan mengarahkan kamu supaya terus membuka aplikasi, dengan dalih memberikan upah untuk sekian waktu.

Yang perlu kamu ketahui adalah, tidak ada dari aplikasi ini yang menambang dan kamu tidak akan pernah mendapatkan upah. Selain itu, mayoritas mata uang digital, penambangan membutuhkan sebuah perangkat khusus (ASICs), yang berarti tidak mungkin untuk menambang dalam perangkat ponsel.

Nah, sekarang udah pada tahu kan guys, jenis-jenis penipuan yang umum dilakukan melalui media ponsel? So, lebih hati-hati dan waspada ya. Ikuti aturan berinternet yang sehat supaya kamu enggak tertipu.

Artikel Sebelumnya