Edukasi

Tips Berperilaku Higienis di Dunia Siber

Pandemi global Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah menciptakan perubahan budaya yang masif. Pandemi ini memaksa setiap orang untuk selalu hidup higienis.

Ternyata perilaku higienis tidak hanya dibutuhkan di dunia nyata, tetapi dibutuhkan juga di dunia siber. Seperti apa ya perilaku higienis dalam dunia siber?

Perilaku higienis dalam dunia siber atau yang disebut dengan Cyber Hygiene adalah bentuk kebiasaan pengguna sistem komputer untuk meningkatkan keamanan siber pada saat beraktivitas online.

Bagaimana caranya?

1.       Pastikan jaringan komputer kamu terlindungi dengan router yang aman dan dilengkapi dengan firewall

Pastikan jaringan internet yang kamu gunakan dilindungi dengan router yang aman dan menggunakan firewall untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses data, surel, aplikasi, peramban (browser) web, dll. Gunakan password untuk melindungi jaringan nirkabel (WiFi) kamu. Ikuti kaidah pembuatan password. Jika kamu akan mengakses komputer kantor dari rumah, pastikan kalau kamu menggunakan Virtual Private Network (VPN) dan firewall.

2.      Gunakan antivirus yang dimutakhirkan secara berkala

Pasang antivirus dan mutakhirkan basis datanya secara berkala. Lakukan pemindaian rutin untuk melindungi komputer kamu dari virus atau pun malware.

3.      Gunakan aplikasi dari sumber terpercaya dan dimutakhirkan secara berkala

Gunakanlah aplikasi dari sumber terpercaya lalu lakukan pemutakhiran semua Sistem Operasi (OS), peramban web, dan perangkat lunak lainnya secara teratur untuk memastikan bahwa security patch dipasang dengan benar dan tepat waktu.

4.       Gunakan password yang kuat dan Multi-Factor Authentication

Gunakanlah password yang kuat seperti yang dijelaskan dalam artikel ini. Jangan pernah beritahu password kamu ke orang lain dan gantilah password kamu secara rutin. Gunakanlah Multi-Factor Authentication (MFA) untuk menambah keamanan gawai yang kamu pakai.

5.      Berselancarlah secara aman

Berselancarlah secara aman dengan cara mengatur privasi dan keamanan pada peramban kamu. Atur mesin pencari pada perambanmu agar tidak merekam pola dan konten yang kamu cari. Pastikan laman yang kamu kunjungi diawali dengan https. Jika kamu mendapatkan tautan yang dipersingkat, cek dulu kebenaran laman web tersebut. Pasanglah plugin peramban web dari sumber yang terpercaya.

6.     Biasakan membuka surel dengan aman

Bukalah surel dengan aman. Jangan pernah membuka suatu tautan ataupun lampiran dari surel yang tidak dikenal. Hapus, blok, dan laporkan akun surel tersebut. Jangan pernah mengirimkan informasi kredensialmu lewat surel. Jika terpaksa mengirimkan lewat surel, enkripsi dulu informasi kredensialmu sebelum dikirimkan. Lalu, gunakanlah layanan surel yang dilengkapi dengan end-to-end encryption.

7.      Pisahkan file pribadi dengan file kantor

Pisahkan file pribadi dengan file kantor, gunakan password untuk mengakses kedua file tersebut.

8.     Cadangkan data secara rutin

Lakukan pencadangan data secara rutin. Apabila dikemudian hari terjadi insiden yang mengakibatkan datamu terhapus semuanya, kamu dapat segera mengembalikannya melalui cadangan data yang telah kamu simpan.

9.     Berhati-hati dan teliti dalam berbelanja online

Berhati-hatilah dan selektif dalam berbelanja online. Pastikan kamu berbelanja di situs terpercaya dan diawali dengan https agar data yang kamu kirimkan aman. Pastikan penjual terverifikasi dan memiliki nilai reputasi yang bagus. Pastikan pembayaran yang kamu lakukan sesuai dengan barang yang kamu beli. Happy shopping!!!

10.   Jika akan menjual perangkat yang digunakan, lakukanlah pemusnahan data

Terakhir, pastikan data di komputer ataupun smartphone yang akan kamu jual sudah bersih. Lakukan pemusnahan data agar data kamu tidak dapat dimunculkan kembali oleh pemilik baru komputer atau pun smartphone kamu.

Sumber: cybersecurityforum.com

Artikel Sebelumnya