Edukasi

Tips Aman Transaksi Online, Baik Mobile atau Internet Banking

Zaman sekarang, internet banking udah jadi bagian dari gaya hidup. Sistem pembayaran online ini udah kayak temen yang setia menemani keseharian kita, mulai dari buat belanja, bayar tagihan, sampai beli pulsa, semuanya bisa dilakukan dengan sistem pembayaran ini.

Tapi, di balik segala kemudahannya, bukan berarti cara pembayaran ini murni aman ya. Kalau kamu enggak hati-hati dan gak tahu cara mengamankannya, risiko kamu terkena kejahatan perbankan, bisa saja terjadi lho. Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana supaya transaksi online kamu tetap aman. Cek yuk.

Aplikasi dan layanan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah, kamu harus menggunakan aplikasi dan layanan perbankan digital yang resmi dari bank terkait. Jangan pernah pakai aplikasi dan layanan selain yang resmi atau yang gak direkomendasikan dari bank terkait.

Password

Jangan lupa buat ubah password kamu secara berkala. Dan ingat satu lagi, jangan mengaktifkan fitur save password pada komputer kamu ya. Karena, kalau sampai ada orang lain yang pakai komputer kamu, mereka bisa dengan leluasa masuk ke akun kamu. Jika kamu sering melakukan transaksi online, kamu bisa mengubah password kamu setiap 3-6 bulan sekali.

Rahasia

Jaga kerahasiaan user ID dan password kamu. Jangan pernah memberitahukannya kepada orang lain. Bahkan, pihak bank pun enggak akan pernah menanyakan informasi ini.

SMS dan email

Kamu juga disarankan buat mengaktifkan fitur notifikasi SMS dan email. Ini berguna banget buat memonitor aktivitas rekening bank kamu.

Laporkan

Segera lapor ke bank, kalau kamu merasa ada transaksi yang mencurigakan.

Antivirus

Kalau kamu pakai internet banking, kamu wajib install antivirus pada komputer kamu.

Hapus

Setelah melakukan transaksi, jangan lupa hapus history dan lakukan clear cache ya.

Pastikan nomor handphone kamu sudah terdaftar

Ingat, bank hanya mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor yang sudah kamu daftarkan saja.

Rahasiakan Card Verification Value (CVV)

Jangan pernah memberikan tiga digit nomor di belakang kartu kredit kamu, ya.

Transaksi pakai gadget kamu sendiri

Buat menghindari pencurian data atau identitas, sebaiknya saat mau melakukan transaksi online, kamu wajib pake handphone atau komputer sendiri.

Simpan bukti transaksi

Ini berguna buat menelusuri jika sampai terjadi kesalahan transaksi.

Menerapkan tips-tips di atas gak bakal ada ruginya kok buat kamu. Cara ini malah bisa melindungi uang kamu. Selalu waspada dan tetap cermat ya, supaya kamu tetap terhindar dari kejahatan dunia maya. Ingat kata Bang Napi, waspadalah..waspadalah.

Artikel Sebelumnya