Tingkat Dasar

Pentingnya Mengenali Bahaya Menggunakan Password yang Mudah

Menjelajahi dunia maya sangat erat kaitannya dengan penggunaan password atau kata sandi. Hampir setiap akun yang dibuat di internet membutuhkan password sebagai penguat keamanan akun tersebut.

Password atau kata sandi adalah sebuah upaya untuk memastikan kebenaran identitas seseorang, saat akan menggunakan layanan tertentu.

Misalnya, proses login pada suatu website atau aplikasi. Ada beberapa langkah yang akan otomatis dilakukan oleh sistem agar Anda dapat dikenali dan berhasil masuk ke website tersebut, yaitu identifikasi, otentikasi, otorisasi dan pencatatan. 

Saat proses identifikasi, sistem akan mengecek apakah Anda merupakan pengguna yang sah untuk mendapatkan akses. Anda akan menemui proses otentikasi ini saat memasukkan password.   

Proses kedua adalah otentikasi, atau proses untuk meyakinkan sistem bahwa Anda adalah pengguna yang sah dan telah melakukan proses identifikasi sebelumnya.    

Proses selanjutnya terjadi di belakang layar sistem yaitu otorisasi dan pencatatan. Di mana sistem akan memberikan persetujuan dan melakukan pencatatan tentang aktivitas Anda selama mengakses suatu website atau aplikasi tertentu.


Tips Password Aman

Fungsi password sangat penting sebagai alat otentikasi identitas kita di dunia maya. Pentingnya password seringkali diabaikan oleh pengguna internet. Masih banyak pengguna yang belum sepenuhnya mengetahui kiat-kiat membuat password yang aman dan mudah.   

Miskonsepsi mengenai password yang sering ditemui adalah, bahwa membuat password yang rumit akan semakin aman. Padahal membuat password yang rumit justru dapat menimbulkan risiko dan masalah baru bagi penggunanya.   

Faktanya, manusia memiliki keterbatasan dalam mengingat, apalagi terhadap sesuatu yang sifatnya lebih rumit. Jadi, bagaimana tips membuat password yang mudah namun juga aman? Yuk, simak berikut ini. 

Ubah password default atau password bawaan 

Ubah password default atau password bawaan yang pertama kali diberikan website yang Anda kunjungi. Jenis password seperti ini mudah sekali diretas oleh orang lain. Dengan cara mencari informasi pada website produsen tertentu dan mengunduh password pengguna secara manual.   

Berdasarkan NIST Special Publication, panjang password yang disarankan maksimal 64 karakter. Password dengan karakter lebih panjang seperti ini memiliki tingkat keamanan yang lebih kuat. Anda juga dapat membuat password dengan kombinasi angka dan huruf di dalamnya. Misalnya, Anda bisa menggunakan kalimat panjang seperti berikut ini :

akusukamakanbaksouratbesarpakaimiekuningdantahugoreng5

Selain menggunakan kombinasi password, Anda juga dapat menggunakan password yang berbeda-beda pada setiap akun. Hal ini bertujuan untuk menghindari hacker dalam mencuri password Anda di salah satu situs website, dan mencoba untuk menggunakannya pada akun Anda di website yang lain.   

Jika diperlukan, gunakan password manager, yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi login akun Anda di setiap website yang Anda akses dan memudahkan Anda untuk login kembali secara otomatis.   

Tidak sampai di situ, Anda juga perlu mengubah password Anda setiap 3 bulan sekali. Karena menurut survei, 80 persen dari serangan keamaanan cyber melibatkan kata sandi yang lemah.

Gunakan Two Factor Authentication jika tersedia

Two factor authentication sendiri adalah sistem keamanan yang membutuhkan lebih dari satu metode otentikasi. Tujuannya untuk menciptakan pertahanan berlapis sehingga mempersulit pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses akun Anda.   

Biasakan untuk log out

Setiap kali Anda selesai menggunakan akun, baik di perangkat Anda sendiri, perangkat di kantor, dan perangkat di manapun.

Nah, tidak sulit bukan untuk membuat password yang aman dan mudah. Selalu ingat kiat-kiat tersebut untuk meningkatkan keamanan akun Anda.

Lalu, jika password diketahui orang lain, apa yang harus dilakukan? 

Jika password di salah satu akun Anda hilang atau diketahui orang lain, jangan tinggal diam. Lakukan beberapa hal berikut ini. 

Ganti password

Segeralah mengganti password jika kata sandi Anda diketahui orang lain. Meskipun yang mengetahui password Anda adalah orang yang bisa Anda percaya, namun untuk menjaga keamanan akun Anda, lebih baik password Anda diganti. 

Pasang antivirus

Hal satu ini juga paling sering diabaikan. Padahal jika lalai, akun Anda bisa di-hack oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, mulai dari sekarang, lebih baik mengaktifkan antivirus untuk menjaga akun Anda tetap aman dari serangan hacker.

Artikel Sebelumnya