Ikhtisar

Pemahaman Etika Dasar dalam Dunia Digital untuk Membangun Personal Branding

Identitas digital adalah instrumen yang digunakan untuk membuktikan eksistensi seseorang di dunia digital. Atau bisa juga diartikan sebagai informasi tentang suatu entitas yang digunakan oleh sistem komputer untuk mewakili agen eksternal. Di mana agen tersebut bisa berupa orang, organisasi, aplikasi, atau perangkat.

Identitas digital dapat berupa alamat email, nomor telepon dan akun media sosial. Termasuk juga, nama pengguna dan kata sandi, aktivitas pencarian online, tanggal lahir, jaminan sosial, dan riwayat pembelian. Dalam pengertian yang lebih luas, identitas digital adalah versi atau segi dari identitas sosial seseorang. 

Cara mengamankan identitas digital

Dengan semakin maraknya kejahatan siber, Anda wajib memproteksi identitas digital yang Anda miliki. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan identitas digital.

  1. Gunakan lebih dari satu identitas digital
  2. Jangan sembarangan memberikan identitas digital di internet
  3. Pakai tanda tangan digital yang terverifikasi

Membangun Personal Branding Melalui Media Digital

Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini kemudian dapat dipresentasikan lewat berbagai jalur, antara lain, media sosial, blog, situs web pribadi, hingga perilaku di depan umum.

Manfaat personal branding

  1. Dipercaya orang lain
  2. Meyakinkan orang lain
  3. Membantu mendapatkan pekerjaan
  4. Banyak orang yang terlibat, mengikuti, dan membagikan konten yang Anda buat.

Cara membangun personal branding

  1. Tulis data diri secara menarik dan jelas
  2. Gunakan media sosial untuk memperluas jaringan
  3. Membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat
  4. Beretika yang baik di dunia maya
  5. Manfaatkan media sosial sesuai fungsi.

Etika Dasar dalam Ruang Siber

Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan sejak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat (cyber ethics). Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kebiasaan jelek di dunia nyata akan terbawa di dunia maya dan menimbulkan kembali efek negatif di dunia nyata.

Nah, agar internet menjadi tempat yang aman bagi kita semua, berikut beberapa etika dan prinsip dasar yang perlu Anda terapkan, sebelum menjelajah ruang siber dan sosial media. 

  1. Pikirkan dulu sebelum menerima permintaan teman
  2. Pikirkan dulu sebelum mengirimkan sesuatu
  3. Pikirkan dulu sebelum membagikan sesuatu
  4. Mengelola identitas dengan baik
  5. Membagikan konten positif
  6. Menghindari komen negatif. 

Berinteraksi di dunia maya atau ruang siber sama halnya seperti di dunia nyata, ada etika yang harus dijalankan agar Anda tetap aman berinternet dan menghindari masalah di kemudian hari.

Artikel Sebelumnya