Edukasi

Pakai WiFi Gratisan Boleh, Asal Jangan Akses 5 Hal Ini

Nemu Wifi gratis bagaikan surga bagi kita. Kita bisa bebas berselancar dii dunia maya, tanpa harus membeli kuota. Kita bisa dengan bebas browsing, membuka sosial media, bermain games, atau mengakses situs apapun di internet tanpa khawatir kuota internet jadi jebol.

Tapi jangan keasyikan pakai Wifi gratis ya, karena yang gratis bisa saja bikin kamu jadi meringis. Ya, menggunakan Wifi publik atau Wifi gratisan tidak selamanya aman, banyak bahaya yang mengintai kalau kamu tidak berhati-hati dan waspada.

Beberapa bahaya yang kerap mengintai kalau kamu pakai Wifi gratisan di antaranya, data rentan dicuri, gadget kamu bisa saja terkena virus, akun media sosial atau email lebih mudah dibajak, hingga mendapatkan banyak iklan pop-up yang mengganggu.

Sebenarnya, bahaya menggunakan Wifi gratisan bisa diminimalisir, asal kamu tahu aturannya. Jadi, sebelum pakai Wifi gratisan, yuk perhatikan lima hal berikut ini dulu supaya kamu tetap aman walaupun pakai yang gratisan.

Enggak boleh bertransaksi online
Wifi gratisan kebanyakan tidak dibuat dengan keamanan tingkat tinggi. Meski internet dan mobile banking dirancang seaman mungkin, tapi kalau kamu tidak berhati-hati tentu saja semuanya akan sia-sia. Jadi, jangan sekali-kali bertransaksi online menggunakan Wifi gratisan ya, atau kamu akan menanggung risikonya sendiri.

Awas, jangan mengakses data kantor
Data kantor bersifat rahasia, sedangkan Wifi publik atau gratisan sangat rawan pencurian data. Buat menghindari penyalahgunaan data-data perusahaan, sebaiknya kamu jangan menggunakan Wifi gratisan untuk mengaksesnya.

Belanja online boleh, asal jangan masukin data kartu kredit
Kamu pasti sering belanja online, kan? Nah, berbelanja online pakai Wifi gratisan sah-sah aja, tapi jangan menggunakan metode kartu kredit yang mengharuskan kamu memasukkan data kartu kreditmu. Lebih baik, pilih metode pembayaran lewat ATM atau sejenisnya.

Inget, jangan login email dan sosial media
Hindari melakukan login email dan sosial media saat menggunakan Wifi gratisan, karena data ID login dan password media sosial kamu berpotensi dihack jika sang hacker sedang berada di satu jaringan Wifi yang sama. Hal ini juga mencegah terjadinya pencurian dan penyalahgunaan data pribadi kamu.

Jangan download aplikasi sembarangan
Jika sedang menggunakan Wifi gratisan, sebaiknya kamu pikir-pikir dulu jika mau mendownload aplikasi tertentu. Jika aplikasi tersebut tidak jelas, sebaiknya urungkan niatmu untuk mendownload aplikasi tersebut. Pasalnya, selain rawan pencurian data, pakai Wifi gratisan juga rawan terkena penyebaran virus.

Nah, sekarang udah tahu kan aturan-aturannya kalau lagi pakai Wifi gratisan? Jadi, kamu harus lebih berhati-hati ya, kalau gak, kamu bakal tanggung resikonya sendiri.

Artikel Sebelumnya