Edukasi

Gengs Bikin Password Asal Bisa Gawat, Perhatikan Aturannya Yuk!

Banyak banget pengguna internet yang masih ngeremehin saat bikin password, dengan alasan sulit buat mengingat password yang dibuat. Kebanyakan orang bikin password asal-asalan atau yang terlalu dekat dengan mereka (seperti: tanggal lahir, nama mereka, nama pacar, nomor berurutan, dan lain sebagainya), dengan alasan supaya lebih mudah diingat. Padahal, tahu gak sih gengs, kasus peretasan atau serangan cyber yang banyak terjadi disebabkan karena faktor kelalaian kamu saat membuat password.

Password atau kata sandi sangat penting buat mengamankan akun kamu dari upaya jahat orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Penggunaan password, bisa secara efektif melindungi akun kamu saat terhubung secara online. Ngerti sih, mungkin kamu akan sulit mengingat kalau bikin kombinasi password yang susah diingat.

Apalagi, aplikasi yang mengharuskan kamu pasang password pasti banyak banget. Pasti kamu bakalan kesulitan buat mengingat semuanya. Tapi, pilih mana, bikin password susah tapi akun kamu aman dari serangan hacker, atau bikin password asal-asalan tapi akun kamu rentan dihack?

Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan antivirus, Kaspersky Lab, menemukan ada tiga kesalahan umum yang sering banget dilakukan oleh pengguna internet saat bikin password. Apa aja sih? Yuk, simak.

Pengguna pakai password yang sama buat beberapa akun

Kasus ini sering banget terjadi. Dengan alasan sulit buat mengingat semua password jika harus membuat kata sandi yang berbeda-beda, kebanyakan orang bakal bikin password yang sama buat semua akunnya. Padahal, ini bahaya banget lho. Kalau satu akun kamu bocor, gak menutup kemungkinan akun kamu yang lain bakal bocor juga. Menurut Kaspersky, cuma 30 persen pengguna internet yang bikin password benar-benar baru buat akun online yang berbeda.

Penggunaan password yang lemah

Dari hasil penelitian yang ditemukan, cuma 47 persen yang pakai kombinasi huruf besar dan kecil pada password mereka, dan cuma 64 persen yang pakai kombinasi huruf dan angka.

Pengguna memberitahukan passwordnya pada orang lain

Gak sedikit pengguna internet yang memberitahukan passwordnya pada orang lain dengan alasan buat pengingat. Menurut penelitian, sekitar 28 persen pengguna berbagi password dengan anggota keluarga terdekat, dan ada 11 persen yang memberitahukannya pada teman-teman mereka.

Nah, sekarang udah tahu kan kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan saat bikin password? Sekarang, mimin mau kasih tahu nih tips-tips bikin password, supaya akun kamu aman dari serangan hacker.

  1. Jangan bikin password dengan suku kata umum. Gunakan campuran huruf, angka, tanda baca dan simbol typografi seperti "@!AB2-4#%" supaya sulit ditebak dan dirangkai oleh botnet.
  2. Ganti password pada gadget kamu, baik di komputer, smartphone, atau Wifi router kamu secara berkala (30, 60 atau 90 hari).
  3. Inget, jangan pakai password yang sama di semua platform dan perangkat ya.
  4. Jangan pakai default password. Saat kamu mendaftar suatu akun baru, biasanya mereka bakal menetapkan default password. Jangan dibiarin ya, kamu harus segera menggantinya dengan kombinasi password kamu sendiri.
  5. Jangan simpan password sembarangan yang gampang diakses orang lain.
  6. Pakai Pengunci Akun (Account Lockout). Artinya, akan exit kalau cracker mencoba berulang-ulang dengan berbagai kombinasi password, atau dikenal dengan upaya Brute Force Attacks. 
  7. Yang terakhir, jangan simpan password di Harddisk/Memory tanpa dienkripsi terlebih dahulu alias Plain Text.

Nah, kalau udah tahu aturan dan tipsnya saat bikin password, mulai sekarang gak boleh asal-asalan kalau bikin password ya. Supaya akun kamu aman, dan gak rentan kena serangan cyber.

Artikel Sebelumnya