Tingkat Menengah

Fakta-fakta Menarik Tentang Kelebihan Media Sosial

Rasanya hampir semua orang memiliki akun media sosial. Bak menjadi kebutuhan primer, banyak orang yang tidak bisa melewatkan satu hari pun tanpa membuka media sosial. Inilah alasan mengapa pengguna jejaring sosial di seluruh dunia terus meningkat. 

Dilansir Oberlo, data statistik terbaru menunjukkan, ada 3,78 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia pada tahun 2021. Jumlah tersebut setara dengan 48 persen dari populasi dunia saat ini. Bahkan, jumlah itu diprediksi akan terus bertambah selama beberapa tahun ke depan. 

Sedangkan di Indonesia sendiri, We Are Social dan Hootsuite mengungkap, dari total 274,9 juta penduduk di Indonesia, 170 juta di antaranya telah menggunakan media sosial pada Januari 2021. Hal itu berarti, lebih dari separuh penduduk Indonesia telah menggunakan media sosial. 

Salah satu alasan tingginya pengguna media sosial adalah karena pengguna ponsel terus meningkat, sehingga membuat media sosial semakin mudah untuk diakses, di mana pun kita berada. 

 

Kelebihan media sosial 

Media sosial bisa memberikan dampak positif dan negatif bagi penggunanya, tergantung bagaimana Anda memanfaatkannya. Berikut beberapa fakta menarik tentang kelebihan media sosial. 

Interaksi sosial 

Media sosial bisa bermanfaat untuk membangun relasi atau hubungan. Bahkan, media sosial dapat membantu komunikasi jarak jauh karena memiliki jangkauan global. Jejaring sosial mempermudah kita untuk berinteraksi di mana pun berada. 

Media penghiburan

Banyaknya media sosial yang beredar saat ini bisa menjadi sarana untuk menghibur diri sendiri. Di media sosial, kita dapat mencari berbagai hal yang dapat menghibur kita. Mulai dari cerita dan gambar lucu, bahkan berbelanja sekalipun bisa dilakukan di media sosial. 

Mendapatkan informasi 

Berbagai jenis Informasi juga bisa kita dapatkan di media sosial. Tidak hanya berita, banyak informasi lain yang diunggah di media sosial yang dapat menambah pengetahuan kita. 

Menggali kreativitas 

Media sosial juga dapat digunakan untuk menggali kreativitas dan mengekspresikan diri. Anda bisa melakukan banyak hal positif di media sosial untuk menggali sisi kreativitas Anda. Misalnya dengan membuat tulisan atau video dengan konten yang menarik dan mendidik.

Mencari uang

Tak sedikit yang memanfaatkan media sosial untuk berbisnis. Anda bisa berjualan online, menjadi selebgram, membuat konten, menjadikan media sosial sebagai media promosi, yang semuanya dapat mendatangkan keuntungan finansial. 

Membentuk komunitas

Pengguna media sosial bisa memanfaatkan platform ini untuk menemukan cara-cara baru dan kreatif dalam melakukan aktivitas grup bersama secara online. Misalnya melakukan olahraga, memasak atau menonton film bersama secara online.

Dapat mendiagnosis depresi

Para ilmuwan melihat, media sosial dapat digunakan untuk mendiagnosis depresi, sehingga membantu penderitanya mendapatkan pengobatan lebih awal. 

Peneliti Microsoft mensurvei 476 orang dan menganalisis profil Twitter mereka untuk bahasa depresif, gaya linguistik, keterlibatan, dan emosi. Dari sini, mereka mengembangkan pengklasifikasi yang secara akurat dapat memprediksi depresi sebelum menyebabkan gejala pada tujuh dari 10 kasus.

Meningkatkan kesejahteraan jiwa

Bagi sebagian orang, media sosial dapat membantu meningkatkan kesejahteraan jiwa. Peneliti pemasaran, Jonah Berger dan Eva Buechel, menemukan bahwa orang yang tidak stabil secara emosional, cenderung memposting yang berhubungan dengan perasaannya di media sosial. Ini dapat membantu mereka mendapat support dan bangkit kembali setelah mendapatkan pengalaman negatif, sehingga berpotensi meningkatkan kesejahteraan jiwa orang yang bersangkutan.

Sebagai contoh, kita sering melihat orang menggunakan akun media sosialnya untuk meluapkan apa yang sedang dirasakan, seperti kesal atau sedih. Kemudian unggahannya ini direspons dengan baik oleh teman-temannya dalam bentuk dukungan. Hal ini bisa membuat orang yang bersangkutan kembali bersemangat dan bangkit kembali dari keterpurukan.


Artikel Sebelumnya