Edukasi

Dapet Berita Jangan Langsung Disebarin Ya, Cek Dulu Kebenarannya Disini!

Pernah gak sih kamu dapet broadcast berita lewat aplikasi chat atau medsos yang isinya sebuah berita tapi cenderung nakut-nakutin dan meminta kamu buat menyebarkannya kembali? Kalau pernah, jangan langsung kamu sebarin ya, siapa tahu itu berita hoax atau berita bohong.

Ya, menurut Kamus Merriam-Webster, berita hoax atau berita bohong atau berita palsu adalah informasi untuk menipu agar mempercayai atau menerima sebagai sesuatu yang asli. Berita hoax enggak sama dengan rumor, atau sejenisnya.

Kalau kamu dapat berita tertentu, jangan langsung disebarkan ya. Lebih baik kamu cek terlebih dahulu. Nah, istilah cek fakta ini disebut juga dengan Fact Checking. Fact Checking dapat dilakukan sebelum atau sesudah informasi disebarkan.

Seseorang yang mengerjakan Fact Checking disebut dengan Fact Checker. Seorang Fact Checker akan memastikan data sebuah laporan agar sesuai dengan referensi yang valid. Selain itu, seorang Fact Checker juga akan mengecek informasi yang sudah beredar dan viral, seperti hoax.

Mulai sekarang, kalau kamu mendapatkan berita tertentu yang cenderung provokatif dan menakut-nakuti, lebih baik cek faktanya terlebih dahulu ya. Gimana caranya? Enggak usah bingung, buat mengecek berita tersebut kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi atau situs berikut ini:

Snopes.com

Situs fact checking ini cukup kredibel karena sudah didirikan cukup lama. Seorang mantan direktor Snopes, yaitu Brooke Binkowski, kini dikontrak Facebook untuk menjalankan fact checking di sana.

cekfakta.com

Situs ini diinisiasi oleh Google News Initiative bersama dengan 22 media di Indonesia. Situs ini ini dibuat sebagai project kolaborasi untuk mencegah dan melawan berita hoax.

stophoax.id

Website atau situs ini juga dibuat untuk mengecek dan mengkonfirmasi hoax yang beredar di Indonesia. Website ini dibuat oleh Kominfo agar masyarakat Indonesia dapat memantau dan melaporkan kabar hoax.

Nah mulai sekarang, kalau dapat atau baca berita tertentu, jangan langsung disebarin ya. Cek dulu faktanya. Inget, #nguliksdulubarungekliks

Artikel Sebelumnya