Edukasi

Cara Terhindar dari Hacker dan Cracker, Netizen Wajib Tahu

Istilah hacker pasti sudah sering kamu dengar. Tapi, gimana dengan cracker? Nah, ternyata keduanya punya arti yang berbeda lho. Hacker merupakan sebutan buat mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat untuk jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di internet.

Sementara cracker merupakan sebutan bagi Blackhat Hacker yang sangat berbahaya. Mereka umumnya menyerang, merusak, menghancurkan, mencuri uang, mencuri data, merubah web portal korban, menyadap jalur internet atau komunikasi, membuat backdoor, menguasai webcam, kamera PC, microphone, dan layar PC kamu.

Cracker biasanya menggunakan malware, ransomware mengacak dan enkripsi data, dan menggunakan harddisk korban, supaya enggak bisa dibaca kecuali membayar ransom dengan bitcoin di Deep Web.

Kalau dari pengertiannya, kelihatannya cracker jauh lebih bahaya dari hacker, ya. Hacker memang awalnya memiliki arti yang positif, tapi di tahun 1983, analogi hacker makin berkembang buat menyebut seseorang yang punya obsesi buat memahami dan menguasai sistem komputer.

Apapun itu namanya, mau hacker atau cracker, keduanya patut kamu waspadai. Nah, buat mencegah supaya kamu terhindar dari hacker dan cracker, yuk terapin dua langkah berikut ini.

  1. Pasang proteksi perimeter di peripheri (pagar) seperti Firewall dan Router untuk sistem LAN internal di perusahaan kamu. Proxy di peripheri untuk memisahkan IP Internet Siber yang berisiko (compromised) dengan IP Private untuk semua PC dan gadget di lingkungan LAN perusahaan. Proxy untuk memisahkan IP dunia cyber yang berbahaya (compromised) dengan IP Private untuk semua PC dan gadget di lingkungan LAN perusahaan.
  2. Pasang anti virus, Anti Spam, Anti Malware, Sensor konten di Server dan di setiap PC, serta peralatan Anti Insider Threat yang merupakan pertahanan berlapis (defence in depth) bagi sebuah korporasi dan enterprise.

Nah, sekarang udah makin tahu kan gimana bahayanya hacker dan cracker? Untuk itu, kamu harus lebih berhati-hati dan waspada ya terhadap cyber crime, termasuk hacker dan cracker ini. Kamu harus lebih teliti saat membuka website, kalau perlu teliti dulu sebelum kamu memasukkan data pribadi.

Kalau kamu atau orang-orang di sekitar kamu pernah jadi korban cyber crime atau kejahatan siber, dan kamu ngerasa dirugiin banget, kamu bisa lho ngelaporin apa yang kamu alamin. Caranya gampang, klik aja link tautan di bawah ini.

Artikel Sebelumnya