Edukasi

Bahaya Mengintai di Balik Spam, Malware, Ransomware, Virus & Spyware

Kalian familiar gak sih sama istilah-istilah di atas? Kalau belum, Cody jelasin ya satu per satu. Virus adalah program komputer yang bisa menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Malware (malicious software), adalah program yang dirancang dengan tujuan merusak dengan cara menyusup pada sistem jaringan komputer. Malware bisa menginfeksi banyak komputer dengan masuk melalui email, download internet, atau bisa juga lewat program yang sudah terinfeksi.

Selanjutnya, spyware. Istilah ini belum lama jadi perbincangan hangat, karena ada celah keamanan di aplikasi Whatsapp yang bikin aplikasi chat ini bisa disusupi spyware. Spyware atau perangkat pengintai merupakan software yang didesain untuk mencuri data dari komputer atau perangkat lain. Proses pencurian datanya berjalan tanpa sepengetahuan si pemilik data.

Data-data yang dicuri jenisnya beragam, seperti password, PIN, nomor kartu kredit, memantau tombol keyboard yang ditekan, kebiasaan browsing, mengumpulkan alamat email, hingga memantau pergerakan korban dari GPS smartphone-nya.

Istilah selanjutnya, spam merupakan aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Tentu spam ini udah gak asing lagi buat kamu, bukan? Biasanya kita kerap dapat pesan spam di email.

Yang terakhir ransomware hampir mirip sama malware, bedanya ransomware bisa mengambil alih kendali pada suatu sistem jaringan komputer dan bisa mencegah penggunanya buat mengakses data hingga ditebus dengan sistem pembayaran. Nah, kalau virus adalah program komputer yang bisa menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain.

Apapun bentuknya, baik spam, malware, ransomware, virus ataupun spyware, tentu membahayakan buat kamu. Supaya kamu lebih berhati-hati dan waspada, Cody bakal kasih beberapa tips buat menghindari dan menangkalnya. Yuk, disimak.

Rajin update sistem
Malware/virus selalu mencari kelemahan (vulnerability) di setiap sistem supaya bisa dibobol. Sistem operasi, software antivirus komputer dan smartphone, harus kamu perbarui sesuai rekomendasi pabrik. Sehingga sistem keamanan sudah menggunakan sistem yang terbaru dan sudah diuji coba terhadap malware versi sebelumnya.

Gunakan antivirus
Gunakan dan update AntiVirus (AV)/Anti Spam atau Anti Spyware/Worm di PC, smartphone, dan gadget kamu agar selalu mempunyai penangkal virus/spam terbaru. Scan secara menyeluruh dan berkala untuk mencegah program malware, virus, spam, worm yang ingin masuk ke dalam komputer atau smartphone kamu.

Backup data
Backup dokumen, foto atau berkas penting lainnya ke flashdisk, harddisk cadangan (offline), atau ke layanan penyimpanan online, supaya kamu punya data cadangan. Jika data kamu hilang karena virus atau disandera oleh ransomware yang meminta uang tebusan, maka dapat dipulihkan (recovery) dengan data backup.

Jangan klik link web dan download file yang gak dikenal
Mengklik link web dan download file yang gak dikenal, dapat membangunkan malware, virus, dan ransomware yang ada di file yang kamu download atau attachment yang diklik. Konsekuensinya, data dalam gadget kamu menjadi terkontaminasi. Daftar alamat (address book) kamu bisa dimanfaatin oleh peretas untuk penyebaran berikutnya.

Hati-hati kalau pakai Wifi publik
Terutama jika kamu ingin melakukan login, transaksi keuangan, perbankan, belanja online, memasukkan data kartu kredit, serta download aplikasi yang kritis dan strategis.

Jangan pakai perangkat pribadi
Jangan pakai perangkat atau gadget pribadi di tempat kerja, buat mengerjakan pekerjaan kantor. Begitu pula sebaliknya, jangan pakai perangkat milik kantor untuk mengerjakan urusan pribadi.

Nah, sekarang udah tahu kan bahaya dan tips-tipsnya buat menghindari dan menangkal virus, malware, spyware, spam, ataupun ransomware ini? Soo, hati-hati dan tetap waspada saat berselancar di dunia maya ya.

#nguliksdulubarungekliks

Artikel Sebelumnya