Edukasi

Awas! Phishing Bisa Nguras Saldo Kamu Lho, Yuk Kenali Bahayanya

Tahu enggak sih apa itu phishing? Ya, dalam bahasa Inggris, istilah phishing berasal dari kata fishing alias memancing. Maksudnya di sini adalah memancing informasi dan kata sandi pengguna. Phishing adalah suatu metode yang digunakan hacker buat mencuri password kamu dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.

Sebenarnya, dalam beberapa kasus situs palsu ini enggak terlalu mirip dengan aslinya, tapi karena target kurang berhati-hati, dan enggak punya pengalaman seputar metode phishing, makanya bisa saja kejebak. Phishing yang paling sering ditemui biasanya pada akun medsos, situs palsu ini disebar pakai foto-foto porno, lalu memancing korban buat ngeklik. Enggak jarang, foto ini menyerupai video yang siap diklik. Untuk itu, kamu harus cermati lagi alamat tujuannya.

Tapi, pernah juga lho ada kasus pengguna olshop yang kebobolan saldonya gara-gara phishing ini. Dan kasus ini menimpa dua e-commerce besar, yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Cerita ini berawal saat ada dua pelanggan Bukalapak yang mengeluhkan hilangnya saldo akun Bukalapak mereka sebesar Rp9 juta. Raibnya uang tersebut setelah mereka melakukan klik pada sebuah link yang ada pada notifikasi pesan akun mereka, dan melakukan pengisian data pribadi.

Kemudian, seorang pelanggan Tokopedia juga mengalami hal yang sama, yaitu enggak sengaja mengklik sebuah link. Lagi-lagi, nama situs yang disajikan pada link tersebut nyaris sama dengan situs asli tokopedia.com. Rupanya, nama situsnya sedikit mirip, yaitu tokopediia.com. Kalau mata kamu enggak awas, tentu bakal langsung mengeksekusi perintah tanpa pikir panjang.

Nah, supaya kamu terhindar dari phishing, sebenarnya ini sangat bergantung pada kehati-hatian dan kewaspadaan kamu. Web phishing gampang banget dikenali, jadi kalau kamu hati-hati harusnya sih akun kamu tetap aman. Cukup satu yang perlu kamu lakukan agar phishing tidak mempan terhadap kita. Apa itu?

Cermati alamat atau url situs tujuan, pastikan url yang kamu tuju resmi atau tidak. Contohnya nih, alamat situs facebook.sadarsiber.com pasti beda donk dengan sadarsiber.facebook.comMeskipun kelihatannya sama dan cuma dibolak balik saja, tapi sebenarnya ini sangat berbeda lho.

Pada facebook.sadarsiber.com, domain utamanya adalah sadarsiber.com. Sedangkan kata 'facebook' diawalnya adalah subdomain, yang artinya bagian dari situs sadarsiber.com. Sedangkan kalau sadarsiber.facebook.com, domain utamanya adalah facebook. Terus, gimana yah kalau kita sudah terlanjur mengklik atau terjerat oleh phishing ini? Tenang, jangan panik, kamu bisa menerapkan langkah berikut ini.

Pertama, ganti seluruh password dari layanan yang terdampak. Kemudian, hubungi customer service resmi dari layanan yang kamu pakai. Terakhir, cek seluruh transaksi yang terhubung dengan akun terdampak.

Nah, sudah tahu kan gimana bahayanya phishing? Mulai sekarang, kamu harus cermat ya saat membuka suatu situs. Intinya, cermat dan berhati-hati, supaya kamu tetap aman dan nyaman saat berselancar di dunia maya.

Artikel Sebelumnya